Rabu, 20 Juli 2016

Facebook Menambah 'Percakapan Rahasia' ke Messenger App


David Marcus, yang memimpin Messenger Operation di Facebook, dalam sebuah konferensi di San Francisco.



Bestprofit MENLO PARK, California -. Dua tahun lalu, Messenger, layanan foto dan teks pesan, tampaknya hampir renungan di Facebook, raksasa jejaring sosial.

Messenger sering mengambil kursi kembali ke pusat perhatian dinikmati oleh WhatsApp, messaging aplikasi yang Facebook telah membeli sebesar $ 19 miliar. Dan kemampuan Messenger yang begitu terbatas bahwa Anda tidak bisa mengirim teman-teman animasi GIF dari menari Shiba Inu, yang Anda bisa dengan banyak layanan pesan lainnya.

Tapi sejak pertengahan 2014, Facebook telah bermain marah catch-up dengan Messenger. Juni itu, kepala eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, menyewa seorang eksekutif PayPal, David Marcus, untuk mengambil alih Messenger dan membangunnya menjadi pesaing kelas dunia. perusahaan telah menambahkan serangkaian fitur untuk layanan, termasuk membiarkan orang mengirim uang ke teman-teman melalui aplikasi, tarik suara atau video call, atau memesan mobil pribadi dari dalam aplikasi.

Pada hari Jumat, Facebook mengatakan juga akan mulai menguji "percakapan rahasia" di dalam Messenger, sebuah fitur yang menawarkan enkripsi end-to-end pada beberapa pesan untuk dibaca hanya pada dua perangkat mobile yang pengguna berkomunikasi dengan. Sementara itu berhenti pendek dari enkripsi penuh bahwa layanan pesan lain seperti WhatsApp telah mengadopsi, memberikan Messenger modus yang meningkat dari keamanan yang Facebook berharap akan menarik audiens global untuk mengunduh aplikasi.

"Fakta bahwa kita memiliki 1,65 miliar orang di Facebook sudah membuat Messenger live terbaik, self-update buku alamat di dunia," kata Mr Marcus dalam sebuah wawancara. "Karena skala jaringan kami, aku merasa seperti kita benar-benar memiliki kesempatan ini."

Fitur keamanan baru menyoroti ambisi Facebook untuk Messenger, yang sekarang melihat lebih dari 900 juta pengguna bulanan, naik dari 200 juta pada awal 2014. Sekitar setengah dari semua pemilik smartphone Amerika menggunakan aplikasi Messenger, menurut perkiraan industri, dan Facebook bertujuan untuk menangkap jumlah yang lebih besar di pasar internasional. Sebagian besar keberhasilan Messenger telah berada di daerah seperti Amerika Utara dan sebagian besar Eropa berbahasa Inggris, perusahaan mengatakan, serta Australia dan sebagian besar Asia Tenggara.

Bergerak menempatkan Facebook Messenger semakin ke dalam persaingan dengan aplikasi messaging yang telah bangkit untuk menonjol di daerah tertentu atau negara. WeChat, aplikasi mobile messaging yang dimiliki oleh internet raksasa Cina Tencent, mendominasi Cina. Kakao, aplikasi lain, secara luas digunakan di seluruh Korea Selatan, sedangkan aplikasi smartphone Line populer di Jepang.

"Lihat saja bagaimana sukses WeChat telah menjadi bagi Tencent," kata Debra Aho Williamson, seorang analis internet dengan eMarketer. "Itu jenis ubiquity Facebook ingin dicapai dengan Messenger."

Dan ketika dikombinasikan dengan WhatsApp, yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna, Facebook kini telah menjadi raksasa di pesan di seluruh dunia. Sementara WhatsApp dan Messenger dijalankan secara terpisah, keduanya memberikan jendela ke dalam cara orang berkomunikasi dan kebiasaan mereka dalam pembayaran, hiburan digital dan banyak lagi.

Facebook mulai Messenger pada tahun 2011. Aplikasi ini ditiru beberapa kemampuan yang bisa dilakukan dalam jaringan sosial Facebook, di mana orang bisa menekan tombol pesan untuk bertukar komunikasi dengan satu sama lain. Itu fitur pesan dalam aplikasi jejaring sosial utama dinonaktifkan pada tahun 2014, mendorong orang untuk beralih ke Messenger. Dua bulan kemudian, Zuckerberg menyewa Mr Marcus untuk menjalankan Messenger.

Pak Marcus segera mempercepat laju rilis produk di Messenger, menambahkan peer-to-peer transfer uang, kemampuan untuk menyewa mobil Uber melalui aplikasi dan dukungan untuk GIF. Pada akhir tahun 2015, Messenger memiliki lebih dari 700 juta pengguna rutin bulanan.

"Dia memiliki perasaan yang tajam ini bagaimana membangun produk dan pelanggan yang jarang di Silicon Valley," Dana Stalder, kapitalis ventura di Matrix Partners, mengatakan Mr Marcus. Matrix diinvestasikan dalam Zong, sebuah start-up Mr. Marcus didirikan; Zong diakuisisi oleh eBay pada tahun 2011 selama hampir seperempat miliar dolar.

Bahkan sebagai Messenger telah menarik pengguna baru, belum menghasilkan uang. Aplikasi ini gratis untuk men-download dan Mr Zuckerberg mengatakan Facebook biasanya tidak mencoba untuk menghasilkan pendapatan hingga layanan memiliki satu miliar pengguna.

Salah satu petunjuk bagaimana Messenger akhirnya mungkin membuat uang muncul pada bulan April di Facebook konferensi pengembang, ketika Mr Zuckerberg memberikan beberapa sorotan Mr Marcus. Pak Marcus digunakan acara untuk mengumumkan rencana Messenger untuk membawa lebih banyak bisnis untuk platform dengan pengenalan "bots," pada dasarnya cara bagi perusahaan untuk menciptakan cara-cara baru untuk berinteraksi dengan pelanggan yang menggunakan Facebook.

Baru-baru ini American Express Messenger bot, misalnya, dapat mengirim seseorang pesan Facebook dengan rekomendasi restoran untuk kota mereka baru-baru ini membeli tiket pesawat untuk mengunjungi menggunakan kartu American Express mereka. CNN bot mengirimkan berita berdasarkan topik pengguna tertarik. Layanan Airline bot bisa menangani masalah pelanggan dalam satu thread.

Beberapa korban bot awal Messenger ini telah dikritik sebagai setengah matang dan terbelakang. Facebook mengatakan bahwa sementara versi awal dari bot mungkin tidak mengesankan seperti hype, lebih dari 21.000 pengembang telah mendaftar untuk mengembangkan bots sejak diperkenalkan platform.

Menambahkan lebih enkripsi dengan percakapan rahasia, yang berencana Facebook untuk menggelar luas pada akhir musim panas, bertujuan untuk membujuk orang untuk menggunakan layanan ini untuk komunikasi yang lebih. Seseorang bisa mengatur pesan menghilang setelah periode waktu, yang dapat membuat mereka lebih bersedia untuk bertukar informasi pribadi dengan layanan pelanggan perwakilan perusahaan di Messenger. Orang harus memilih untuk menggunakan percakapan rahasia, kata perusahaan itu.

Untuk menjaga momentum Messenger pergi, Mr. Marcus mengatakan ia berharap langkah cepat rilis produk untuk aplikasi untuk melanjutkan.

"Untuk membuat Messenger platform komunikasi yang disukai dan utama Anda, kita harus membangun kemampuan yang berbeda dari orang lain," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar