Jumat, 21 April 2017

Sri Mulyani Bangga dengan Kualitas "Kartini"

Setelah mendapat sambutan yang positif dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa | PT Bestprofit Futures Mayapada
PT Bestprofit Futures Mayapada

Sri Mulyani mengaku merasa bangga."Secara pribadi saya sangat bangga dengan kualitas filmnya. Terkesan lewat para pemerannya yang luar biasa membawakan cerita. Saya bahagia ada yang membuat layar lebar tentang tokoh Indonesia untuk generasi sekarang dimana kita sangat haus dengan figur-figur seperti Kartini," ucap Sri Mulyani. Film Kartini membuatnya menjadi semakin hidup dan merasa sosoknya ada di antara kita sekarang," paparnya.

Saat disinggung apakah dirinya sempat menangis melihat perjuangan Kartini ketika menonton filmnya, Sri Mulyani menjawab, "Nangis lah kalau nggak nangis bukan manusia menurut saya. Jika harus menilai film ini dari 0 sampai 10, saya kasih 10 karena saya memang sangat suka film tersebut."Film arahan Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjuangan pahlawan emansipasi wanita Kartini, untuk melawan takdir yang sangat diinginkan ibu kandungnya yaitu menjadi seorang Raden Ayu.

Setelah mendapat sambutan yang positif dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, kini giliran Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memberikan tanggapan serupa terhadap film Kartini. Saat menghadiri pemutaran perdana dari karya layar lebar produksi Legacy Pictures tersebut di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Rabu (12/4) malam.

"Saya bangga jadi orang Indonesia, negara yang melahirkan sosok luar biasa seperti Kartini," Sri Mulyani, menambahkan.Sri Mulyani menjelaskan, misi yang diperjuangkan Kartini masih relevan hingga saat ini, lewat film tersebut seakan kembali diingatkan kalau "pekerjaan rumah" itu masih di pundak kita saat ini. "Tentu kita pernah baca tentang Kartini dulu di sekolah dan memperingatinya dengan simbol baju daerah. Tapi masih sedikit yang mengenal pemikirannya. Ini bukan hanya tentang kesamaan hak tapi jauh lebih dalam mulai dari agama, membangun ekonomi rakyat miskin dan sebagainya.

Rahasia Sukses Menjadi Wanita Karier ala Sri Mulyani | PT Bestprofit Futures Mayapada

Ia juga menjelaskan, untuk memilih antara karier dan keluarga tak hanya dibutuhkan karakter wanita yang tangguh saja, tetapi juga pendamping yang bisa mengerti apa yang tengah dijalankan. Berbincang dengan pasangan dan membicarakan risiko juga tanggung jawab jika memilih menjalani dua kehidupan, karier dan keluarga. Oleh karena itu, wanita membutuhkan pria yang bisa mengerti dan memahami.“Sebenarnya situasi yang dihadapi oleh wanita karier pada saat ini jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Sebab, dulu banyak wanita yang terpaksa harus mengundurkan diri setelah melahirkan karena mau tidak mau harus mengurus anak,” jelasnya.

Tanggung jawab terhadap keluarga memang tak bisa dilepaskan begitu saja. Ada yang harus dikorbankan agar pekerjaan dan keluarga terurus semua, misalnya kurangnya jam tidur. Kita mungkin saja bisa mempekerjakan orang lain untuk membantu pekerjaan rumah tangga agar mempermudah semuanya. Tetapi, sebagai seorang ibu, Sri mengatakan kita tidak bisa hanya dengan melakukan hal itu saja. Ia menekankan kalau kualitas dari diri kita sendirilah yang sangat penting untuk bisa mengatur semuanya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbagi pengalamannya sebagai wanita yang sukses dalam karier dan keluarga, di acara GE Woman’s Network di Fairtmont Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sri Mulyani mengatakan, terkadang wanita kerap dihadapkan pada pilihan sulit, lebih memprioritaskan karier atau keluarga. Situasi ini tentu tak mudah. Tetapi bukan berarti wanita tak bisa menjalankan keduanya sekaligus. Apa yang telah ia capai dalam kariernya saat ini, diakui Sri Mulyani, membutuhkan banyak pengorbanan. Terlebih lagi, ia merupakan seorang wanita, dan harus menjadi ibu rumah tangga bagi keluarganya.

“Sebagai wanita di era modern seperti sekarang ini, tentu ada keinginan untuk bisa sukses dalam pendidikan dan juga karir. Namun, keluarga juga harus bisa menjadi prioritas utama yang sangat penting. Hal ini cukup sulit, ketika harus memilih karier dan keluarga, tentu akan ada keadaan naik turunnya, dan itu tidak pernah mudah,” kata Sri Mulyani.\

Menteri Sri Mulyani Beri Nilai Sempurna untuk Film Kartini | PT Bestprofit Futures Mayapada

"Dengan pendampingan seorang Kartini yang menghubungkan dengan market, maka ide-ide semacam itu menjadi sangat relevan saat ini. Dan itu terlihat jelas dalam film tersebut," sambung Sri Mulyani.Sri Mulyani juga tak lupa memuji sineas yang mendukung film Karitni. Lulusan University of lllinois Urbana-Champaign, USA itu kagum dengan akting yang ditunjukkan Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, dan Christine Hakim.

"Saya sangat bangga dengan kualitas filmnya. Luar biasa. Saya sangat terkesan dengan para artis dan aktornya. I like this movie, I like the team, the story, the narrative, I like the actors and artists," ujar Sri Mulyani memuji.Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati rupanya ikut penasaran dengan film Kartini. Usai menonton film garapan sutradara Hanung Bramantyo tersebut, Sri Mulyani menilainya dengan angka sempurna.Menurut Sri Mulyani, film Kartini memuat pesan yang sangat positif mengenai cita-cita kaum perempuan untuk memajukan bangsanya. Selain itu, cita-cita dan pemikiran ini Kartini masih relevan dengan kondisi bangsa saat ini.

Terkait hal itu Ani mencontohkan kepedulian Kartini kepada masyarakat miskin termasuk saat memberdayakan ekonomi desa. Apa yang dilakukan Kartini, jelas Ani, sangat relevan dengan program pemerintah saat ini, yaitu Dana Desa sebesar Rp60 triliun.Untuk itu pula mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, berharap bahwa film ini bisa memberi inspirasi dan dampak lebih optimal terhadap pelaksanaan program pemerintah tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar