Selasa, 25 April 2017

Penemuan serbuk emas bikin heboh warga Kolaka, berharap bawa rezeki

Puluhan warga dari berbagai daerah berbondong-bondong menuju Kelurahan Ulunggolaka | PT Bestprofit Futures Medan
PT Bestprofit Futures Medan

"Penemuan serbuk emas di Ulunggolaka ini diharapkan bisa membawa rezeki bagi keluarga," kata Ridwan, salah seorang warga mengaku sudah dua hari berada di lokasi. Demikian dikutip dari Antara, Rabu (26/4).Melihat tingginya antusias warga, Lurah Ulunggaloka, Anwar, segera mengambil tindakan dengan melakukan pengawasan dengan ketat.

"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah dan aparat setempat harus melakukan pengawasan," kata Anwar.Dia menambahkan pengawasan ketat diberlakukan untuk mencegah perselisihan antarwarga. Warga yang datang, lanjut dia, harus menunjukkan kartu identitasnya."Kita juga libatkan Babinsa untuk melakukan pengawasan di lokasi itu bahkan setiap warga yang masuk di lokasi itu harus menyertakan kartu identitas diri," tegas Anwar.

Puluhan warga dari berbagai daerah berbondong-bondong menuju Kelurahan Ulunggolaka kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka, Sultra, sejak Selasa kemarin. Mereka penasaran dengan kabar yang menyebut ada penemuan serbuk emas di sana.

Serbuk emas ditemukan di wilayah konservasi daerah setempat. Kabar itu berembus cepat ke masyarakat sekitar.Mereka yang datang ingin mencoba keberuntungan dengan mendulang emas. Demi mewujudkan keinginannya, beberapa warga sampai mendirikan tenda di sekitar lokasi penemuan dan bermalam.

Lokasi Penemuan Emas di Kolaka Masuk Kawasan Konservasi | PT Bestprofit Futures Medan

“Kami akan membentuk tim terpadu untuk masalah ini. Lokasi yang sekarang dijadikan tempat penambangan emas oleh warga masuk dalam kawasan konservasi. Nah, di kawasan itu tidak boleh ada aktivitas penambangan,” katanya, Rabu (26/4/2017).Dia juga menambahkan, aktivitas penambangan manual itu sangat rawan terjadi berbagai tindak kriminal.“Rawan pencurian kendaraan bermotor, perkelahian, pencemaran lingkungan, penggunaan cairan kimia, konflik sosial dan penyebaran penyakit.

Sebelum menimbulkan masalah besar, pemerintah daerah dan aparat keamanan segera melakukan tindakan antisipatif dengan cara pendekatan persuasif," jelasnya.Aktivitas tambang dalam kawasan konservasi ini juga sudah mulai dikeluhkan oleh sebagian warga di Kelurahan Ulunggulaka. Misalnya Sumardin. Kata dia, jika kawasan konservasi itu rusak, maka dapat dipastikan adanya kerusakan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka.

Lokasi penemuan tambang emas yang berada di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, ternyata masuk ke kawasan konservasi Taman Wisata Alam Mangolo.Hal ini ditegaskan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Wira Satya Triputa. Dia mengatakan akan melakukan koordinasi terkait penambangan itu dengan Dinas Kehutanan serta Dinas Pertambangan dan Energi Sulawesi Tenggara.

Warga dari Berbagai Daerah Datangi Lokasi Penemuan Serbuk Emas di Kolaka | PT Bestprofit Futures Medan

Bahkan, kata dia, ada warga yang memasang tenda dan bermalam di lokasi temuan emas itu sehingga harus dilakukan pengawasan ekstra ketat agar tidak terjadi perselisihan antarwarga."Kita juga libatkan Babinsa untuk melakukan pengawasan di lokasi itu bahkan setiap warga yang masuk di lokasi itu harus menyertakan kartu identitas diri," ungkap Anwar.

Sementara, Ridwan salah seorang warga mengaku sudah dua hari berada di lokasi temuan serbuk emas itu untuk mencoba peruntungan dengan membawa logistik secukupnya.Puluhan warga dari berbagai daerah mendatangi lokasi penemuan serbuk emas di Kelurahan Ulunggolaka kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka, Sultra, Selasa (25/4/2017).Warga yang tiba di lokasi temuan emas itu berasal dari luar Kabupaten Kolaka sehingga membuat pemerintah dan aparat setempat harus melakukan pengawasan.

"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah dan aparat setempat harus melakukan pengawasan," kata Lurah Ulunggaloka, Anwar.Menurutnya, sejak penemuan serbuk emas pekan lalu wilayah konservasi lokasi itu mulai didatangi warga yang ingin mencoba keberuntungan dengan melakukan pendulangan emas.


pt bestprofit futures medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar