Kamis, 20 April 2017

Internet Telkomsel Gangguan, Ini Penjelasannya

Jaringan internet Telkom dan Telkomsel mulai pulih | PT Bestprofit Futures Malang
PT Bestprofit Futures Malang

“Saat ini Kami terus mengupayakan secara maksimal untuk memperbaiki jaringan serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar gangguan  dapat segera diatasi sehingga pelanggan dapat kembali menggunakan layanan komunikasi khususnya layanan data dengan normal,” imbuhnya.Telkom sendiri sebagai penyedia backbone Telkomsel mengatakan, terjadi gangguan kabel optik jalur Jakarta-Batam antara Rengat dan Sorek di Propinsi Riau. Selain itu ada gangguan link Surabaya-Kalimantan-Batam pula.

Perangkat di Batam menurut Telkom terkena petir, dan keduanya berdampak pada penurunan kualitas layanan internet Telkom Group.Gangguan terjadi di jalur kabel internasional yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya ke Batam. Telkom sedang mengupayakan untuk mengaktifkan jalur baru untuk mem-backup layanannya.Akun Twitter resmi Telkomsel, @Telkomsel menyatakan kepada pelanggan bahwa indikasi gangguan jaringan terjadi di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali Nusra, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku.

Sementara itu koneksi di wilayah Sumatera dikatakan lancar.Koneksi internet Telkomsel sedang mengalami gangguan massal. Gangguan tersebut membuat pera pengguna tidak bisa terhubung ke internet atau seandainya terhubung pun koneksi terasa sangat lambat.Pantauan KompasTekno, Kamis (20/4/2017), pada pukul 17.00 WIB, sejumlah pelanggan terlihat mengeluhkan masalah tersebut melalui Twitter.

“@Telkomsel ada apa hari ini? Koneksi Tidak stabil. Internetan lemot sekali. Tolong segera dibenahi (karena) sangat mengganggu. Terima kasih,” keluh akun @RofiAshar di Twitter.Telkomsel sendiri tak menampik adanya gangguan koneksi tersebut. Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati mengatakan gangguan terjadi pada hari ini, Kamis (20/4/2017) dan sedang ditangani.“Sehubungan dengan terjadinya gangguan jaringan Telkomsel di beberapa wilayah hari ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya karena menyebabkan ketidaknyamanan bagi pelanggan,” terang Adita melalui keterangan resmi pada KompasTekno.

Telkom: Maaf, Kabel Kami Putus dan Tersambar Petir | PT Bestprofit Futures Malang

Selain itu juga upaya tambahan dengan memperbesar bandwith di jalur lain yang saat ini masih beroperasi dengan normal. Diharapkan layanan akan normal kembali secepatnya."Atas kejadian ini segenap manajemen Telkom Group menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas kesetiaan pelanggan menggunakan layanan kami. Telkom Group senantiasa berupaya meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia," sahut Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.

Gangguan koneksi yang dialami Telkomsel ternyata imbas dari putusnya kabel optik milik sang induk usaha, Telkom. BUMN telekomunikasi itu pun membeberkan penyebabnya.Dijelaskan, telah terjadi gangguan link Jakarta-Batam akibat putusnya fiber optik antara Rengat dan Sorek di Riau. Kemudian, gangguan link Surabaya-Kalimantan-Batam akibat terganggunya perangkat modul di Batam yang tersambar petir.

Keduanya jelas berdampak pada penurunan kualitas layanan internet Telkom Group, termasuk berimbas pada koneksi data di Telkomsel sejak siang hari ini. Sementara untuk layanan telekomunikasi suara (voice) diklaim tetap beroperasi dengan normal. Telkom pun langsung gerak cepat dan semaksimal mungkin untuk perbaikan. Caranya dengan melakukan penyambungan kembali kabel fiber optik yang terputus serta perbaikan perangkat di Batam.

Layanan Telkom dan Telkomsel Kembali Normal | PT Bestprofit Futures Malang

“Atas nama seluruh manajemen, sekali lagi kami memohon maaf dan mengucapkan terima kasih atas kesetiaan pelanggan menggunakan layanan TelkomGroup. Kami senantiasa berupaya meningkatkan, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia,” ujar Arif dalam siaran pers yang terima VIVA.co.id, Kamis 20 April 2017.

Seperti diketahui gangguan link Jakarta-Batam sempat terjadi akibat putusnya fiber optik antara Rengat dan Sorek di Provinsi Riau, serta gangguan link Surabaya-Kalimantan-Batam akibat terganggunya perangkat di Batam yang terkena petir.PT Telkom Indonesia Tbk menyatakan, bahwa perbaikan gangguan link Jakarta-Batam dan link Surabaya-Kalimantan-Batam, telah selesai dilaksanakan.

Kualitas layanan internet TelkomGroup yakni IndiHome, Telkomsel dan layanan internet lainnya telah kembali normal pada pukul 19.30 WIB.Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang sempat merasakan penurunan kualitas layanan telekomunikasi TelkomGroup.

Best Profit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar