Minggu, 16 April 2017

Kurs Rupiah Tahun Ini Bisa Menguat 1%, BI

Daya Tahan Ekonomi Lebih Kuat | PT Bestprofit Futures Pusat
PT Bestprofit Futures Pusat

Lebih lanjut menurutnya, saat AS benar-benar mengurangi stimulus moneternya dengan mengerek suku bunga acuan Bank Sentral AS (The Fed) Maret lalu, nilai tukar rupiah justru bergerak positif. Setelah pengumuman kenaikan The Fed 16 Maret dini hari, rupiah di hari itu menguat ke level Rp 13.336 per dollar AS dari hari sebelumnya yang masih berada di level Rp 13.375 per dollar AS.
Penguatan tersebut lanjut dia, lantaran adanya arus modal asing yang masuk pasar keuangan domestik (capital inflow).

Hingga pekan kedua April 2017 lanjut dia, capital inflow tercatat sebesar Rp 81 triliun, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama di 2016 yang hanya Rp 60 triliun.Masih masuknya capital inflow tersebut juga membuat posisi cadangan devisa (cadev) akhir Maret 2017 sebesar US$ 121,8 miliar. Angka itu mendekati rekor cadev Indonesia US$ 124,6 miliar pada Agustus 2011 silam.Bank Indonesia (BI) melihat Indonesia masih menarik di mata para investor pasar keuangan.

Hal tersebut membuat bank sentral juga optimistis, nilai tukar rupiah sepanjang tahun ini masih akan mengalami apresiasi.Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, daya tahan Indonesia saat ini lebih kuat. Hal tersebut disebabkan oleh inflasi tahun lalu yang terjaga di angka 3,02% year on year (YoY) surplus neraca perdagangan yang mendorong surplus neraca pembayaran tahun lalu US$ 12 miliar, hingga pertumbuhan ekonomi tahun lalu yang membaik menjadi 5,02%.

Lebih lanjut menurut Agus, daya tahan ekonomi yang lebih kuat juga terjadi seiring dengan kewajiban penggunaan rupiah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai Peraturan BI Nomor 17/3/PBI/2015 yang berlaku sejak Juli 2015 lalu.Hal itu membuat, besaran transaksi valas di Indonesia menjadi lebih rendah, yaitu US$ 1,3 miliar per bulan dari sebelumnya US$ 8 miliar per bulan.Daya tahan Indonesia yang lebih kuat tersebut membuat nilai tukar rupiah di akhir tahun lalu bisa terapresiasi 2,34% year to date.

Padahal, di saat yang bersamaan pasar keuangan global mengalami guncangan akibat terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dan banyak mata uang negara-negara di dunia yang mengalami depresiasi.Capaian itu jauh lebih baik dibanding tahun 2013 silam, dimana saat itu AS berencana untuk mulai mengurangi stimulus moneternya. Saat itu, kurs rupiah mengalami depresiasi 21% year to date. "Di tahun 2017, rupiah bisa menguat di kisaran 1% (year to date)," kata Agus, Kamis (12/4) lalu.

Pentingnya Memupuk Jiwa Bisnis kepada Mahasiswa Sejak dari Kampus | PT Bestprofit Futures Pusat

Di Unikom, ada mata kuliah wajib yang membangun jiwa enterpreneur di semua program studi. Tugas-tugas kuliah pun diarahkan pada enterpreneur. “Tapi kami tidak ingin berhenti di tugas kuliah. Mereka harus mampu mengembangkannya menjadi sebuah bisnis,” sambungnya. Dia menyebutkan banyak usaha di berbagai bidang yang dapat dikembangkan menjadi e-business. Bisnis yang akan berkembang cepat adalah yang peka dengan masalah lokal. Hal senada pun dituturkan Ketua I APTIKOM Jawa Barat Yusuf Arifin.

Menurutnya kesempatan untuk berbisnis di dunia digital sangat terbuka. Dia menyebutkan bisnis digital banyak diinisiasi oleh perguruan tinggi. Namun perlu didorong agar mahasiswa mau melebarkan sayap bisnisnya tidak hanya di tingkatan lokal. Yusuf mencontohkan ada start up yang membuat aplikasi mencarikan warung terdekat. Aplikasi itu membantu pengguna mencari warung terdekat dengan barang yang dicari.

Namun, untuk mencapai transaksi masih harus dikembangkan. Country Direktur STI Indonesia Dicky Tarmizi menambahkan digitalpreneur penting untuk fokus dengan pasar global. Saat ini telah banyak konglomerat yang membuka inkubator global dan regional. Digitalpreneur dapat sukses jika mampu memecahkan masalah lokal yang besar. Hal itu terbukti dengan kesuksesan Go-Jek yang terus berkembang setelah dinilai mampu membantu menyelesaikan masalah kemacetan dan perekonomian rakyat.

Namun, kesadaran digitalpreneur harus dibangun dengan bantuan perguruan tinggi. Apalagi banyak start up yang berasal dari kampus. “Seluruh mahasiswa harus menanamkan jiwa enterpreneur oleh kampusnya. Sehingga, mereka akan memiliki kompetensi dan keberanian untuk memulai dan mengelola usaha,” tutur Rektor Universitas Komputer (Unikom) Eddy S. Soegoto seusai Workshop Digital Start Up dan APTIKOMFest ke-1 Jawa Barat di Auditorium Gedung Baru Unikom Jalan Dipati Ukur, belum lama ini. Pembekalan jiwa enterpreneur itu bisa mendorong alumni untuk menjadi job creator.

Pertumbuhan Ekonomi Jambi Diklaim Meningkat | PT Bestprofit Futures Pusat

Disebutkannya, dari peningkatan tersebut, juga berpengaruh terhadap indikator-indikator lain, di antaranya kemiskinan dan pengangguran lebih menurun. "Kemudian kesenjangan antara penduduk miskin dan mampu sudah mendekati 0," paparnya. Untuk itu, Gubernur sangat berharap kerja sama antara Pemprov dan Pemkab demi kemajuan Jambi ke depan.

"Kita mempunyai beberapa program bersama Pemkab dalam menunjang kemajuan Jambi selanjutnya," terang dia.Sementara itu sebelumnya pada kuartal III/2016, ekonomi Provinsi Jambi tumbuh 4,03% year on year (yoy). Namun, pertumbuhan itu melambat dibandingkan dengan periode yang sama 2015 sebesar 4,38% yoy.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi diklaim mengalami peningkatan selama satu tahun terakhir.
Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menerangkan jika sebelumnya indeks perekonomian Jambi berada di 4,2 namun sekarang meningkata pada level 4,37."Alhamdulillah, selama satu tahun terakhir ini di masa kepemimpinan kami, tingkat perekonomian Jambi meningkat," ungkap Gubernur dalam Rakor bersama jajaran Pemkab Merangin.


BestProfit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar