Jumat, 24 Maret 2017

Gaet Arab Saudi Bisa Perkuat Standarisasi Produk Indonesia

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance ( INDEF) | PT Bestprofit Futures
PT Bestprofit Futures

" Hingga saat ini, Tiongkok masih sumbang impor terbesar ke Arab Saudi. Komoditas dari Tiongkok dianggap telah penuhi syarat standarisasi Arab Saudi. "Kenapa? Karena Tiongkok mampu memenuhi standarisasi tadi, dan syarat itu sebenarnya bisa di negosiasikan," ungkap Bhima. Saat ini Indonesia masih lemah soal negosiasi persyaratan standarisasi.

Dengan hadirnya nota kesepahaman dari kementerian Perdagangan dengan investasi Arab Saudi, Bhima optimis dapat muluskan proses negosiasi persyaratan standarisasi produk Indonesia. "Dengan adanya kerjasama perdagangan diharapkan potensi masuknya barang Indonesia ke Arab Saudi lebih besar lagi," pungkasnya.

Program kerjasama perdagangan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan dan investasi Kerajaan Arab Saudi jadi salah satu pokok dalam nota kesepahaman antara Arab Saudi - Indonesia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance ( INDEF) Bhima Yudhistira menilai dengan hadirnya nota kesepahaman ini akan dapat meningkatkan standarisasi produk Indonesia di pasar Arab Saudi. Saat ini produk Indonesia gagal bersaing dengan produk Tiongkok karena belum penuhi persyaratan standarisasi. "Soal standarisasi produk ini yang selama ini dikeluhkan pengusaha kita untuk masuk ke pasar arab saudi.

Membangun Perekonomian Berbasis Riset dan Teknologi | PT Bestprofit Futures

Sayangnya, harga komoditas tidak selamanya tinggi. Pada saat harga komoditas mulai turun pada akhir pemerintahan SBY, pemerintah tidak menunjukkan kapasitas untuk mengembangkan ekonomi berbasis otak sebagai alternatif pembangunan. Dilihat dari kualitas pendidikan, misalnya. Prestasi pendidikan anak sekolah berumur 15 tahun, pada era sat dasawarsa pemerintahan terdahulu bukan hanya sangat buruk dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia, seperti yang dapat dilihat dari penelitian Pisa dan trennya juga terus memburuk.

Indonesia mengalami ironi besar karena dalam pemerintahan Presiden SBY tidak menunjukkan bukti pemahaman yang konkret dalam membangun pendidikan berkualitas di Indonesia. Tidak ada universitas kelas dunia yang mau membuka cabang di Indonesia, sementara itu di negara tetangga berhamburan.

Ada aturan bahwa universitas bagus dari luar negeri harus mengakuisisi universitas lokal jika mau masuk ke Indonesia. Ibaratnya, universitas bagus tersebut harus kawin dengan universitas yang kualitasnya amburadrul di dalam negeri. Lihat juga peringkat universitas di Indonesia, termasuk peringkat Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, dan lainnya, ternyata memiliki ranking yang sangat buruk di dunia.

Negara yang mengandalkan otot dalam pembangunan ekonominya akan terus didera oleh krisis ekonomi yang menyebabkan kegagalan dalam pembangunan. Karena itu, negara yang berbasis pembangunan otot harus mampu mengubah menjadi pembangunan berbasis otak. Sayangnya, dalam sejarah Indonesia merdeka, perkembangan transformasi ini belum pernah terjadi.

Kita gagal melakukan transformasi ini. Hal ini dapat terjadi karena Indonesia terlalu tergantung kepada ekspor komoditas. Jika harga komoditas kebetulan bagus maka pembangunan seakan-akan berhasil. Padahal, esensinya gagal karena Indonesia tidak pernah mengandalkan otak dalam pembangunannya. Itulah yang terjadi pada sepuluh tahun pembangunan pada era pemerintahan yang dahulu, di mana Indonesia menggantungkan perekonomiannya kepada ekspor komoditas.

Singapura sangat berarti untuk ekonomi Indonesia | PT Bestprofit Futures

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Singapura merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan dan investasi. Meski di tengah kelesuan ekonomi dunia, Singapura masih menunjukkan peningkatan investasi yang sangat tinggi."Dari Januari hingga September 2016 investasi Singapura ke Indonesia mencapai USD 7,1 miliar dolar mengalami mengalami kenaikan 44 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," katanya.

PM Lee mengatakan Presiden Jokowi dan dirinya melakukan Leadership Retreat bersama untuk pertama kalinya yang dianggapnya sebagai peluang yang baik bagi kedua negara untuk mendiskusikan tentang peningkatan kerja sama."Indonesia merupakan mitra dan tetangga dekat kami. Dan pertemuan ini menjadi kesempatan yang baik untuk kami mendiskusikan bagaimana untuk meningkatkan kerja sama. Hubungan bilateral kedua negara dalam kondisi yang baik," kata Lee.

Singapura memiliki arti penting untuk ekonomi Indonesia. Negara Singa ini mampu membuat ekonomi Indonesia bergeliat.Mulai dari investasi hingga pemberi utang terbesar berasal dari Singapura. Negara yang terletak di Semenanjung Malaya ini memiliki luas 716 kilometer persegi.
Presiden Joko Widodo pun mengakui Indonesia tak bisa terlepas dari Singapura. Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia terus melakukan reformasi ekonomi dan hukum dalam meningkatkan daya saing bangsa.

"Dalam pertemuan ini saya juga telah jelaskan mengenai reformasi ekonomi dan juga hukum yang akan terus dilakukan oleh Indonesia agar ekonomi kita lebih kompetitif," kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.Presiden Jokowi mengatakan, secara umum pertemuan bilateral dengan PM Lee berlangsung produktif dan terbuka. "Dan dalam pertemuan tersebut kita sepakat untuk terus melaksanakan kerja sama ekonomi," katanya.

BestProfit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar