Minggu, 19 Maret 2017

Pertamina Realisasikan 9 Wilayah BBM Satu Harga

PT Pertamina (Persero) menambah realisasi bahan bakar minyak (BBM) | PT Bestprofit Futures Pekanbaru

PT Bestprofit Futures Pekanbaru

Adapun tambahan sembilan wilayah realisasi BBM satu harga tersebut meliputi Pulau Batu (Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara), Siberut Tengah, (Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat), Kepulauan Karimun Jawa (Jepara, Jawa Tengah), Pulau Raas (Kabupaten Sumenep, Jawa Timur), Tanjung Pengamus (Sumbawa, NTB), Waingapu (Sumba Timur, NTT), Wangi-Wangi (Wakatobi, Sulawesi Tenggara), Moswaren (Sorong Selatan, Papua Barat), dan Long Apari (Mahakam Hulu, Kalimantan Timur).

Sebelumnya, harga BBM di wilayah tersebut berkisar 8.000-15.000 rupiah/ liter untuk BBM jenis premium, sedangkan solar dihargai sekitar 7.000-18.000 rupiah/ liter.Upaya Pertamina merealisasikan BBM Satu Harga di beberapa wilayah sejalan dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No.36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Secara Nasional, yang diberlakukan sejak 1 Januari 2017.

PT Pertamina (Persero) menambah realisasi bahan bakar minyak (BBM) satu harga di sembilan wilayah tersebar dengan harga pembelian premium sebesar 6.450 rupiah per liter dan solar 5.150 rupiah per liter sejak akhir Februari 2017. Pertamina terus melakukan pemetaan di 148 kabupaten yang telah ditetapkan sebagai lokasi sasaran BBM Satu Harga.

“Hasil pemetaan dari 8 Marketing Operation Region kami, hingga 2 Maret 2017 sudah ada 53 lokasi yang kami tentukan untuk mendapatkan BBM Satu Harga, 9 di antaranya sudah beroperasi,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, melalui keterangan tertulis di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dibayangi Pelemahan ke Depan | PT Bestprofit Futures Pekanbaru

“Karena perolehan cadangan devisa itu bukan secara fundamental, tapi secara fiskal, itu kan dari pajak kan, artinya tidak akan terus menerus,” kata dia. Agus memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepekan ke depan melemah dan berada di kisaran 13.300-13.500 rupiah per dollar AS.


Sebagai perbandingan, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (17/3) sore, menguat satu poin dari sehari sebelumnya menjadi 13.346 rupiah per dollar AS. “Pelemahan tak terlalu dalam karena akan diimbangi sektor riil, yang terkait penerimaan devisa. Kalau sektor keuangan seperti ogah-ogahan,” tandasnya.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepekan ke depan diprediksi akan stabil. Kenaikan cadangan devisa dinilai cukup ampuh menopang nilai tukar meskipun bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed menaikan suku bunga acuan (FFR) sebesar 25 basis poin menjadi di kisaran 0,75-1 persen.

“Cadangan kita kan naik dari Februari 116 miliar dollar AS dan awal Maret 119 miliar dollar AS,” ujar pengamat pasar modal, Agus Irfani, di Jakarta, Minggu (17/3). Namun, kata Agus, kenaikan cadangan devisa tersebut bukan berasal dari ekspor melainkan repatriasi dana tax amnesty sehingga tidak bisa tahan lama menahan goncangan terhadap nilai tukar.

Unilever Jual Merek Makanan Senilai 7,4 Miliar Dollar AS | PT Bestprofit Futures Pekanbaru

Seperti diketahui, akibat proses merger dengan Kraft Heinzbatal batal, beberapa saham produk Unilever seperti Hellman, Lipton, dan Knorr turun tajam pada bulan lalu. Dilaporkan, saham Unilever merosot 6,5 persen pada Senin (20/2) menjadi 41,91 euro di bursa saham Amsterdam. Sebelumnya, saham Unilever sempat melonjak 14 persen pada Jumat (17/2) saat perusahaan mengumumkan mendapat tawaran merger dari Kraft Heinz.

Kesepakatan merger tersebut jika terealisasi akan mengkombinasikan berbagai produk Kraft Heinz seperti Oscar Mayer, Jell-O, dan Velveeta dengan merek Unilever yang meliputi makanan, serta beragam barang konsumen lain seperti sabun Dove dan Vaseline.

Hanya saja Kraft Heinz memutuskan akan bergabung dengan Nestle sebagai pembuat makanan kemasan dengan penjualan terbesar di dunia. Para pengamat mengatakan produk Kraft Heinz yang berkantor pusat di Chicago dan Pitssburgh masih akan beredar di pasar setelah akuisisi.

Fakta bahwa perusahaan itu menawarkan merger untuk semua produk Unilever, menunjukkan Kraft Heinz terbuka pula untuk produk lainnya selain bisnis makanan. Unilever yang mempunyai kantor pusat di London dan mencatatkan saham beberapa produknya di lantai bursa langsung menolak tawaran tersebut pada Jumat (17/2) lalu. Meski begitu, disebut-sebut Kraft Heinz masih tertarik pada kesepakan tersebut hingga saat ini.

Produsen barang konsumsi asal Belanda, Unilever, sedang mempersiapkan rencana penjualan sejumlah merek makanan senilai 6 miliar pound sterling atau sekitar 7,4 milar dollar AS untuk menjual. Menurut Sunday Times, Minggu (19/3), merek yang akan dijual Unilever adalah merek margarin Flora dan Stork.

Disebutkan juga, perusahaan ekuitas swasta Bain Capital, CVC, dan Clayton Dubilier dan Rice sudah mulai menggarap penawaran merek tersebut yang bertujuan memperluas bisnis. Namun, saat dimintai komentar oleh Reuters, Unilever tidak segera menanggapi.

Unilever yang juga dikenal sebagai produsen sabun Knorr, sabun Dove, dan es krim Ben & Jerry pernah menolak penawaran 143 miliar dollar AS terkait pengambilalihan saham dari Kraft Heinz pada bulan lalu. Sedangkan Financial Times pada Rabu (15/3) melaporkan Unilever telah meluncurkan kajian bisnis untuk mempertimbangkan pembagian uang tunai kepada pemegang saham, melakukan akuisisi berskala menengah, dan pemotongan biaya lebih agresif.

PT Bestprofit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar