Rabu, 29 Maret 2017

Harga Kembali Turun, Saatnya Borong Emas

Data ekonomi AS baik, dolar AS makin loyo | PT Bestprofit Futures
PT Bestprofit Futures

Sedangkan harga emas di PT Aneka Tambang Tbk, pada transaksi hari ini, tercatat turun sebesar Rp2.000 per gram, dibandingkan harga jual emas pada Senin awal pekan ini, 27 Maret 2017.
Berdasarkan data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia, Antam, untuk pembelian di kantor Pulogadung, emas dibanderol seharga Rp590 ribu per gram, atau turun dibanding Senin kemarin, sebesar Rp592 ribu per gram.

Sementara itu, untuk pembelian kembali, atau buyback hari ini Antam menetapkan harga sebesar Rp529 ribu per gram, atau turun Rp2.000 per gram dibandingkan Senin kemarin, yang sebesar Rp531 ribu per gram.Berikut ini, harga emas berdasarkan ukuran. Emas lima gram Rp2,8 juta, 10 gram Rp5,56 juta, 25 gram Rp13,82 juta, dan 50 gram Rp27,6 juta. Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp55,15 juta, 250 gram Rp137,75 juta, dan emas 500 gram Rp275,3 juta.

Kemudian, untuk produk Batik all series ukuran 10 gram dan 20 gram dipatok masing-masing Rp6,01 juta dan Rp11,62 juta. Selanjutnya, untuk produk edisi Idul Fitri, ukuran dua dan lima gram dibanderol Rp1,21 juta dan Rp2,88 juta.Untuk transaksi pembelian emas langsung di kantor Antam Pulogadung, setiap harinya dibatasi 150 antrean. Dan, untuk hari ini, ukuran emas empat kilogram, 25 kilogram dan 50 kilogram tidak tersedia.

Harga emas acuan dunia pada hari ini tergelincir, setelah mata uang dolar Amerika Serikat, melemah, setelah keluarnya data ekonomi AS yang positif dan didukung ekspektasi kenaikan suku bunga lanjutan dari bank sentral AS.Dilansir dari laman CNBC, Rabu 29 Maret 2017, harga emas di pasar spot dibuka turun sebesar 0,2 persen menjadi sebesar US$1.248,6 per ons. Sedangkan emas berjangka AS, turun 0,6 persen menjadi di level US$1.248,2 per ons.

Ada Gangguan Pasokan di Libya, Harga Minyak Naik | PT Bestprofit Futures

Kenaikan harga minyak kali ini lebih banyak disebabkan oleh gangguan pasokan minyak yang terjadi di Libya, khususnya ladang Libya barat Sharara dan wafa karena diblokir oleh pengunjuk rasa bersenjata. Sehingga, kurangi pasokan 252 ribu barel per hari."Itu (Libya), bersama dengan Menteri Minyak Iran mengatakan ada kemungkinan untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi, sehingga membantu reli minyak mentah," kata Kepala Strategi Pasar dari AxiTrader, Greg McKenna.

Sebelumnya, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), bersama dengan beberapa produsen lain termasuk Rusia, telah sepakat untuk mengurangi produksi hingga mencapai 1,8 juta barel per hari pada paruh pertama tahun ini, guna mengendalikan overhang pasokan bahan bakar global dan menopang harga.

Namun, karena produksi minyak di pasar tetap membengkak setengah dari perkiraan, maka ada harapan bahwa rencana pemotongan produksi minyak akan diperpanjang dalam paruh kedua tahun ini. Harga minyak mentah dunia pagi ini dibuka menguat, setelah para pedagang mengambil keuntungan dari gangguan pasokan minyak Libya dan harapan dari keberhasilan dari pengurangan produksi yang dilakukan oleh negara pengekspor minyak atau OPEC pada paruh kedua tahun ini.

Dilansir dari laman Reuters, Rabu 29 Maret 2017, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik sebesar 20 sen menjadi sebesar US$48,57 per barel. Sedangkan, harga minyak jenis Brent naik sebesar 14 sen menjadi sebesar US$51,47 per barel.

Menhub: Aturan Transportasi Online untuk Keadilan Usaha | PT Bestprofit Futures

Menurut dia, aturan yang disusun itu untuk menciptakan keadilan dan kebersamaan. Angkutan online yang menjamur, menurut dia juga tidak tepat, maka dari itu pemerintah ingin membatasi kuota angkutan berbasis aplikasi. "Jadi, intinya adalah kebersamaan dan keadilan, justru itu (menambah pengangguran) yang kita hindari," kata Budi.

Sebelumnya, Sosiolog Musni Umar mengungkapkan bahwa bisnis transportasi berbasis aplikasi sudah menjadi salah satu sumber mata pencaharian andalan bagi masyarakat. Karena itu, pembatasan kuota angkutan transportasi berbasis aplikasi dianggap bisa mengurangi lapangan pekerjaan, selain merugikan konsumen."Padahal pemerintah sendiri yang terus berusaha membuka lapangan pekerjaan," ujarnya.

Pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan, segera menerapkan pembatasan kuota bagi taksi online. Hal itu diatur dalam salah satu butir revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 tahun 2016 tentang Penyelengaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Ketentuan ini dinilai semakin mengurangi lapangan kerja dan berpotensi menambah jumlah pengangguran. Menanggapi itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku tak sepakat dengan pendapat tersebut. Justru, menurut dia, aturan itu diklaim dapat meningkatkan keadilan dalam persaingan usaha.

"Enggak (menambah pengangguran), kan kita harus adil, kalau yang lain enggak nganggur, tapi yang lain (supir angkot) nganggur, kan sama saja," kata Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa 28 Maret 2017.

BestProfit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar