Selasa, 14 Maret 2017

Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) berlanjut

Indeks Lanjut Menguat di Awal Perdagangan | PT Bestprofit Futures Medan
PT Bestprofit Futures Medan

Samma halnya dengan bursa AS, Bursa Eropa ditutup melemah di tengah kehati-hatian pasar menjelang wacana kenaikan suku bunga European Central Bank (ECB) pada pekan ini. Dari kawasan Asia, sentimen diwarnai oleh rilis data penjualan properti di China per Februari 2017 yang masih tumbuh 25,1% sepanjang tahun berjalan, menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi China.
Adapun, IHSG hari ini diprediksi cenderung bergerak flat ditengah minimnya sentimen penggerak.

"Domestik saat ini tengah fokus terhadap neraca perdagangan Indonesia yang dirilis Jumat, dengan potensi surplus yang bisa menipis," papar tim dalam risetnya.Sejalan dengan IHSG, indeks Bisnis27 menguat 0,23% atau 1,07 poin ke 471,39 pada pukul 09.13 WIB, setelah dibuka dengan kenaikan 0,03% atau 0,12 poin di posisi 470,53.Sementara itu, nilai tukar rupiah terpantau melemah 0,06% atau 8 poin ke Rp13.378 per dolar AS pada pukul 09.12 WIB.

Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) berlanjut menguat pada awal perdagangan hari ini, Rabu (15/3/2017).IHSG hari ini dibuka dengan kenaikan tipis 0,04% atau 2,09 poin di level 5.433,68 dan berlanjut menguat 0,22% atau 11,98 poin ke level 5.443,56 pada pukul 09.12 WIB.Pada perdagangan Selasa (14/3), IHSG ditutup menguat 0,41% atau 22,21 poin di posisi 5.431,58.Sebanyak 79 saham bergerak menguat, 43 saham bergerak melemah, dan 417 saham stagnan dari 539 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pagi ini.

Enam dari sembilan indeks sektoral IHSG bergerak positif dengan dorongan utama dari sektor finansial yang menguat 0,59% dan sektor konsumer konsumer yang naik 0,21%.Adapun, sektor aneka infrastruktur melemah 0,30%.Samuel Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (15/3/2017) bergerak flat seiring mulai minimnya sentimen penggerak.

Tim riset Samuel Sekuritas memaparkan bursa AS ditutup melemah setelah sektor energi tertekan anjloknya harga minyak dunia setelah OPEC mengatakan stok minyak global meningkat. Disisi lain, semakin dekatnya potensi kenaikan Fed Rate yang diperkirakan akan naik menjadi 0,75%-1,00% menjadi fokus investor saat ini.

IHSG Menguat Tipis Saat Pembukaan | PT Bestprofit Futures Medan

Dia mengatakan terdapat pernyataan Menko Perekonomian Darmin Nasution yang memproyeksikan, bahwa pertumbuhan kuartal pertama tahun 2017 dapat mencapai lebih dari 5% dari periode sebelumnya.

 Selain itu, terdapat pernyataan Goldman Sachs yang menilai bahwa peningkatan rating dari S&P dapat meningkatkan capital inflow ke Indonesia.Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat tipis 0,04% pada pembukaan perdagangan hari ini, Rabu (15/3/2017).

Indeks juga ditutup menguat pada perdagangan kemarin, Selasa (14/3/2017), yakni 0,41% atau 22,21 poin ke level 5.431,58, setelah pagi tadi dibuka menguat 0,12% atau 6,58 poin ke posisi 5.415,95.M.

Nafan Aji Gusta Utama, Analis Binaartha Sekuritas mengemukakan IHSG ditutup menguat 0.41%, dipengaruhi oleh berbagai macam sentimen positif diantaranya kondisi makroekonomi Indonesia yang cenderung stabil.

OSO Securities: IHSG Akan Bergerak Konsolidasi | PT Bestprofit Futures Medan

Adapun Rencana Trump untuk membubarkan ObamaCare juga turut membuat kekhawatiran pelaku pasar semakin meningkat. Karena diperkirakan akan ada 14 juta orang Amerika yang akan kehilangan asuransi kesehatan. Sehingga saham yang bergerak disektor kesehatan, khususnya Rumah Sakit juga ikut mengalami kejatuhan yang cukup signifikan. Beberapa saham rumah sakit yang terkoreksi yaitu, HCA Holdings (HCA.N) terkoreksi 1,5%, Tenet Healthcare (THC.N) turun 3,3%, Community Health Systems (CYH.N) melemah 2,2% dan LifePoint Kesehatan (LPNT.O) turun 1,5%.

Adapun beberapa data ekonomi AS yang rilis semalam yaitu, indeks Harga konsumen (Producer Price Index) AS pada bulan Februari yang tercatat mengalami kenaikan sebesar 2.2% dari sebelumnya 1.6% pada bulan Januari.Meningkatnya PPI indeks disebabkan terjadinya kenaikan biaya pada sejumlah layanan jasa. Hal tersebut nantinya akan meningkatkan tekanan inflasi. Dengan terus meningkatnya inflasi semakin menjadikan dasar yang kuat untuk The Fed menaikkan suku bunganya pada pekan ini.

Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak konsolidasi seiring dengan anjloknya harga minyak yang akan menjadi salah satu katalis yang akan menekan pergerakan indeks. Selain itu, rapat FOMC malam ini juga akan menjadi perhatian khusus para pelaku pasar. Secara teknikal, IHSG sudah menyentuh area upper bollinger band, indikator stochastic oscillator bullish, RSI kuat dan histogram MACD positif.

Akhir perdagangan kemarin IHSG berhasil melanjutkan penguatan dengan naik 0.41% ke level 5,431.58. Mayoritas indeks sektoral ditutup menguat, penguatan tertinggi dipimpin oleh sektor infrastruktur dan pertambangan yang masing-masing naik 1.45% dan 1.19%. Sementara itu sektor perkebunan dan aneka industri ditutup turun dengan masing-masing melemah 0.47% dan 0.43%.

Pelaku pasar asing mencatatkan aksi beli bersih senilai Rp 457 miliar.Indeks utama Bursa Wall Street ditutup terkoreksi pada akhir perdagangan semalam. Indeks Dow Jones Industrial Average DJI turun 0,21% ke level 20,837.37, S & P 500 melemah 0,34% ke level 2,365.45 dan Nasdaq Composite terkoreksi 0,32%, ke level 5,856.82.

Koreksi yang terjadi pada Bursa AS inline dengan turunnya harga minyak ke level terendah sejak bulan November 2016. Selain itu penurunan harga saham penerbangan yang disebabkan oleh badai salju yang melanda Timur laut AS juga ikut menjadi katalis pemberat indeks.

 Harga minyak turun ke level terendah sejak akhir November setelah OPEC melaporkan kenaikan persediaan minyak mentahglobal dan menaikkan perkiraan produksi pada 2017 dari luar kelompok OPEC.

BestProfit 

1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman RM760.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah sekitar 2%.

    Saya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya bisa mendapatkan perusahaan pinjaman yang asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya punya banyak bank dan perusahaan keuangan untuk menghentikan saya, tetapi semua menolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan percaya diri dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya karena mereka memberi saya harapan lagi. Harap berhati-hati ketika mencari perusahaan pinjaman karena ada perusahaan pinjaman palsu yang akan menipu Anda dari uang Anda namun Anda tidak akan mendapatkan pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau Anda masih dapat menghubungi ibu Rebacca melalui nomor whatsapp: +14052595662.

    Anda masih dapat menghubungi saya melalui alamat email saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati Anda semua saat Anda mendapatkan pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga membagikan kabar baik sehingga orang tidak akan jatuh cinta pada perusahaan palsu di mana pun.

    BalasHapus