Selasa, 14 Maret 2017

Investor Singapura Bakal Digiring Berinvestasi ke Pelosok RI

Hingga saat ini masih menjadi sumber Penanaman Modal Asing | PT Bestprofit Futures Medan
PT Bestprofit Futures Medan
"Kita melihat dengan data-data dan fakta yang ada saya pikir tidak ada salahnya kalau pemda bisa langsung datang dan langsung berinteraksi dengan investor potensial di Singapura. Untuk menyampaikan berbagai peluang yang ada di daerahnya," imbuhnya.Menurut Ngurah daerah lainnya yang menjadi potensial untuk menjaring investor Singapura adalah Batam, Bintan dan Karimun. Sebab ketiga daerah tersebut sangat dekat dengan Singapura.

"Mereka juga melihat daerah luar, daerah timur khususya Makassar," tambahnya.Ngurah juga mencatat, dalam lima tahun terakhir nilai investasi dari Singapura terus meningkat. Kenaikan yang paling besar terjadi di 2016 yang naik 55% menjadi US$ 10 miliar."Itu bukan hanya dari investor Singapura. Bagaimapun juga Singapura hub, ada 7 ribu perusahaan asing teregister. Dari Jerman saja ada 1.500, Belanda 1.300. Jadi yang investasi bukan hanya pengusaha Singapura tapi juga perusahaan dunia," tandasnya.

Investor Singapura hingga saat ini masih menjadi sumber Penanaman Modal Asing (PMA) terbesar di Indonesia. Namun sayangnya realisasi investasinya masih terpusat hanya di beberapa daerah tertentu.Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swadaya mengatakan, total investasi dari Singapura dari 2011-2016 mencapai US$ 35,6 miliar. Dari total nilai investasi tersebut hanya tersebar ke 5 provinsi.

"Paling banyak di Jakarta sebesar US$ 10,64 miliar dialokasikan ke 3.236 proyek. Kemudian Sumatera Selatan US$ 3,85 miliar di 253 proyek, ketiga adalah Banten US$ 3,05 miliar di 745 proyek, lalu Jawa Barat US$ 2,09 miliar di 1.188 proyek dan Kalimantan Tengah US$ 1,9 miliar di 412 proyek," tuturnya dalam acara Indonesia Investment Week Singapore Chapter 2017 di Gedung Kemendagri, Jakarta.

Untuk itu menurut Ngurah investasi dari Singapura ke Indonesia perlu disebar ke daerah-daerah lainnya. Sebab daerah lainnya juga memiliki potensi dan perlu dikembangkan.Untuk itu, Ngurah mengatakan, selain adanya acara Indonesia Investment Week Singapore Chapter 2017 yang membicara potensi untuk menarik investasi Singapura ke daerah, pihaknya juga akan membawa para perwakilan pemerintah daerah (pemda) bertemu dengan para investor Singapura.

Ikut Panen di Perbatasan NTT, Mentan Dapat Gelar Adat | PT Bestprofit Futures Medan

Saat pemberian gelar adat, Amran dipakaikan pakaian adat kabupaten Belu oleh masyarakat sekitar. Ia juga disambut tari-tarian adat setempat, tari likurai. Bupati Kabupaten Belu, Willybrodus Lay mengatakan penyematan gelar kepada Amran merupakan inisiatif dari warga sekitar. Hal itu karena Menteri Pertanian belum pernah ada yang mengunjungi daerah tersebut.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih dalam kesibukan beliau masih menyempatkan diri untuk melihat kita di tepian negeri. Ini suatu peristiwa yang langka dan luar biasa. Begitu saya sampaikan berita menteri akan datang, masyarakat luar biasa antusias dan masyarakat berinisiatif pak menteri harus dinobatkan. Ini usul dari masyarakat, menurut mereka mentan belum pernah datang di daerah ini," ujar Willy.

Ia memuji Amran yang datang untuk melakukan panen jagung dan kacang tanah di Kabupaten Belu.
"Ini luar biasa bisa datang melihat hasil dari jagung dan kacang tanah. Saya laporkan bahwa jagung yang kita tanam di atas 10.000 ha dalam bentuk spot tidak menyatu," ujar Willy.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mendapat gelar adat dari masyarakat Kabupaten Belu, Atambua, NTT saat melakukan kunjungan kerja sekaligus panen jagung dan kacang tanah di kawasan tersebut. Gelar yang didapat merupakan amana'i yang artinya adalah sesepuh. "Hari ini ditunjuk menjadi Amana'i dari kepala adat, itu tidak sembarang. Kalau ada Amana'i itu ada perubahan kalau tidak ada perubahan itu diletakkan lagi," kata Amran, di Desa Kenebibi, Kabupaten Belu, Atambua, NTT,

Dengan adanya gelar tersebut Amran menyebut dirinya telah menjadi warga Belu yang berarti Menteri Pertanian berasal dari Belu. Ia berpesan kepada ketua adat setempat untuk terus menanam jagung dan pangan lainnya agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri."Kami jadi masyarakat Belu dan Malaka hari ini, saya juga jadi warganya Pak Gubernur NTT. Kalau tidak maju nanti Bupati itu malu karena menterinya dari NTT," kata Amran.

Sri Mulyani ke Susi: Jangan Terlalu Stres | PT Bestprofit Futures Medan

Belum lagi masalah masih maraknya praktik pencurian ikan (illegal fishing) dan pemindahan tangkapan ikan di tengah laut atau transhipment."Kalau kapalnya ukuran 150 gross ton (GT) dari markdown 29 GT, kemudian diukur ulang jadi 90 GT, itu masih jauh dari ukuran sebenarnya. Jadi harus jujur sampaikan yang sebenarnya," ujar Susi.Sebaliknya, Susi juga beranggapan Sri Mulyani selain pekerja keras, juga punya idealisme yang sama. Bahkan dirinya merasa punya ikatan batin dengan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.


"Saya merasa ketemu beliau, ngobrol-ngobrol dan belajar banyak, Bu Sri Mulyani ini dalam beberapa hal, punya chemistry yang sama atas profesionalisme yang sama, idealisme yang sama atas negara ini. Kecocokan ini yang saya sangat senang. Beliau pulang dan bekerja bersama di kabinet kerja," pungkas Susi.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, hari ini berduet dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Keduanya menjadi pembicara dalam diskusi Optimalisasi Sektor Perikanan Tangkap dalam Pembangunan Nasional di Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.Kerap bersua dalam bersua dalam berbagai kesempatan seperti rapat kabinet, Sri Mulyani beranggapan bahwa Susi merupakan tipikal orang pekerja keras. Saking sibuknya, kerap pula Susi sampai dilanda stres dan terbawa emosi.

"Bu Susi yang saya banggakan dan saya sayangi. Jangan terlalu stres, kalau datang ke saya marah terus, darah tinggi dia," ucap Sri Mulyani dengan nada guyon yang disambut tawa sekitar 150 pengusaha perikanan yang hadir.Akhir-akhir ini, Susi memang terlihat sering marah-marah lantaran masih banyaknya kasus mark down kapal, atau pemilik kapal ikan yang tidak melaporkan atau memanipulasi berat kapal sebenarnya untuk tujuan mengurangi pajak. Di saat bersamaan dirinya mengeluarkan kebijakan amnesty kapal.

Best Profit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar