Jumat, 12 Mei 2017

Data Defisit Neraca Ekonomi akan Pengaruhi Pergerakan IHSG

 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah | PT Bestprofit 

PT Bestprofit

Mengutip Bloomberg, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Juli 2017 naik 3,2 persen ke level 47,33 dollar AS per barel.Nafan Aji, Analis Binaartha Parama Sekuritas bilang, rilis data US Crude Oil Inventories yang mengalami penurunan tajam sebesar 5,2 juta barel mendapat respons positif oleh pelaku pasar.

Para pelaku pasar pun merespons positif kebijakan Bank Sentral Australia dalam menetapkan tingkat suku bunga acuan di level 1,75 persen.Kendati begitu, Bima Setiaji, Analis NH Korindo Sekuritas bilang rilis data domestik maupun global tetap akan menjadi sentimen yang akan memengaruhi laju IHSG pada Jumat (12/5/2017) ini.Bima bilang, defisit neraca ekonomi Indonesia yang diperkirakan menjadi 1,5 miliar dollar AS dari sebelumnya 1,8 miliar dollar AS pada data yang akan dirilis Jumat besok akan membuat IHSG berpeluang untuk kembali menguat.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah sebesar 0,77% ke level 5.653,008 pada Rabu (10/5).Bahkan sembilan dari sepuluh sektor penggerak IHSG, mencatatkan pelemahan. Adapun sektor komoditas memimpin penguatan sebesar 3,04 persen.Kendati begitu,seluruh bursa Asia bergerak di zona hijau pada Kamis (11/5). Penguatan ini pun terjadi seiring harga minyak yang kembali rebound setelah melemah selama beberapa waktu.

74 Persen Uang milik Rumah Tangga di Indonesia | PT Bestprofit

Harapannya adalah dana tersebut aman tersimpan dan bisa bertambah karena ada bunga. Akan tetapi, ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, sulit untuk memperoleh nilai tambah atas dana yang disimpan di tabungan maupun deposito.

"Masyarakat Indonesia total balance sheet rumah tangga lebih dari 74 persen dana rumah tangga disimpan di tabungan dan deposito dengan harapan aman dan deposito," kata Presiden PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Legowo Kusumonegoro di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/5/2017).

Kalau Anda memiliki penghasilan tetap, apa yang akan Anda lakukan dengan penghasilan Anda tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?Tentu saja dana tersebut harus ada yang disisihkan untuk ditabung. Masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih instrumen berupa tabungan maupun deposito sebagai tempat untuk menyimpan dana yang dimiliki.

Kenapa Pembangunan Tanggul di Teluk Jakarta Begitu Mendesak | PT Bestprofit

"Pilihannya adalah, kalau tidak ada tanggul, Jakarta sangat mungkin akan kebanjiran makin banyak dari laut," kata Bambang kepada Kompas.com, di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017).Pasalnya, Semarang dan kota lain di wilayah pantai utara kerap terendam banjir rob. Selama musim hujan, terjadi peningkatan permukaan air laut di kawasan-kawasan tersebut.

Pertanyaannya, kata Bambang, apakah peristiwa banjir rob itu akan dibiarkan menjadi bencana langganan di Jakarta. Meskipun nantinya banjir rob ini hanya akan mengancam warga yang tinggal di wilayah utara Jakarta.Semakin menurunnya permukaan tanah di Jakarta menyebabkan ancaman banjir di wilayah utara ibu kota kian besar.

Terutama ancaman banjir yang datang dari laut atau banjir rob.Dengan demikian, perlu dibangun tanggul untuk menanggulangi banjir rob di wilayah utara Jakarta tersebut.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memprediksi banjir akan terus menjadi ancaman warga, jika tak ada pembangunan tanggul.

PT Bestprofit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar