Selasa, 02 Mei 2017

Tak Lagi Disubsidi, Tarif Listrik 900 VA Pelanggan Mampu Naik Lagi

Kementerian Enegeri dan Sumberdaya Mineral kembali melakukan penyesuaian tarif listrik | pt bestprofit futures pekanbaru
pt bestprofit futures pekanbaru

Dari peraturan menteri sendiri mengatakan jika harus ada penyesuaian yang dilakukan untuk tarif listrik. Dan bulan ini adalah akhir dari penyesuaian perusahaab berplat merah itu.Sementara itu masyarakat yang menggunakan listrik sebesar 900 VA non subsidi nantinya akan disesuaikan dengan harga keekonomian yang diberlakukan.Sampai saat ini tarif dasar listrik untuk nonsubsidi saat ini masih berada di angka Rp 1.467, 28 per kWh. Harga tersebut akhirnya kembali mengalami kenaiakan pada bulan Juli mendatang.

PLNNantinya harga akan disesuaikan dengan golongan pengguna listrik 1.300 VA. Kenaikan yang terjadi kali ini bukanlah rangkaian dari sejumlah tahap lainnya yang berlaku sejak Januari, Maret dan Mei.Soal adanya tarif listrik baru itu Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andi Noorsaman Sommeng memberikan penjelasan kepada publik. Ia mengatakan jika sampai saat ini proses kanaikan tarif tetap berjalan lancar.

Bahkan tidak ada gangguan yang terlalu berarti ketika ada kenaikan. Andy mengatakan jika hal tersebut bisa terjadi lantaran masyarakat yang dinilai sudah mengetahui adanya subsidi tepat sasaran.Sehingga dalam kenaikan harga tarif untuk pengguna listrik golongn 900 VA tak ada kendala yang berarti. Dengan kenaikan ini PLN mengharapkan akan ada penghematan yang bisa dilakukan.

Terhitung sejak kemarin tarif dasar listrik mengalami kenaikan sebesar Rp 329 per KWH. Sehingga saat ini ada kenaikan menjadi Rp 1.352 sesuai dengan keputusan dari peraturan pemerintah.
Permen ESDM 28/2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediaakan PLN akan mengalami kenaikan. Dan bulan ini adalah salah satu hal yang menjadi akhir dari kenaikan harga.Dengan kenaikan yang telah terjadi maka ada 19 jutga pelanggan pengguna golongan 900 VA harus membayar dengan nominal harga Rp 1.352 per kWh sesuai dengan ketentuan dari PLN.

Tarif Listrik 900 VA Naik, Negara Ngirit Rp 15,44 T |  pt bestprofit futures pekanbaru

I Made menambahkan, dengan adanya target penghematan sampai Rp15,44 triliun, diharapkan bisa digunakan untuk pendanaan listrik pedesaan. Termasuk 7 juta rumah tangga yang belum menikmati listrik di daerah terluar, tertinggal, dan terisolasi atau terpencil khususnya di daerah timur Indonesia.

“Penerapan subsidi tepat sasaran bagi pelanggan 900 va ini ini nantinya bisa digunakan untuk membangun infrastruktur kelistrikan daerah lain dan juga melistriki banyak desa yang belum menikmati listrik di Indonesia,” ujarnya. Pada awal bulan ini, pelanggan PT PLN (Persero) golongan 900 volt ampere (va) harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar listrik. Pasalnya, tarif listrik golongan 900 va sekaligus masuk dalam kategori mampu akan naik, seiring penerapan subsidi tapat sasaran tahap ketiga yang berlaku mulai 1 Mei 2017.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Persero I Made Suprateka mengatakan, dengan pencabutan subsidi ini bisa menekan subsidi listrik pada 2017 bisa ditekan menjadi Rp45 triliun. Sebelumnya, subsidi listrik pada tahun 2016 mencapai Rp60,44 triliun. Artinya, dengan kenaikan bisa hemat Rp15,44 triliun.

Tarif Listrik Naik 30 Persen |  pt bestprofit futures pekanbaru

Namun, ia mengaku khawatir orang miskin yang seharusnya mendapat subsidi listrik, justru tidak memperoleh subsidi.Sebab data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) soal tarif pelanggan 900 VA yang jadi dasar penetapan penerima subsidi dinilai tak 100 persen akurat.

Sesuai dengan data TNP2K menyebutkan dari 22,8 juta pelanggan listrik rumahtangga golongan 900 VA hanya 4,1 juta yang layak mendapatkan subsidi. Sisanya 18,7 juta tidak layak disubsidi.Setelah diverifikasi PLN, hanya 2,89 juta dari 4,1 juta pelanggan layak disubsidi. Ada 196 ribu pelanggan yang tidak ditemukan . Sisanya 1,04 juta tidak cocok.

Tarif listrik untuk pelanggan 900 VA non subsidi kembali naik 30 persen bulan ini. Sebelumnya Rp1.034/kWh naik menjadi Rp1.352/kWh. Kontan saja, pelanggan rumah tangga ini yang menjerit, karena tagihan listrik bakal melonjak.

“Banyak yang komplain dan bertanya kenapa tagihan listrik di rumahnya naik hampir 100 persen, bahkan lebih,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.Ia menjelaskan, pencabutan subsidi listrik dilakukan secara bertahap. Kebijakan ini berlaku sejak Januari 2017. Ada 18,7 juta pelanggan 900 VA yang dicabut subsidi listriknya.

 pt bestprofit futures pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar