Selasa, 30 Mei 2017

Mudik 2017, PT KAI Siapkan Tambahan Tiket

KAI menyatakan bakal terdapat tambahan tiket baru untuk menampung pemudik | Best profit 
PT Bestprofit

Sementara itu, sebanyak dua rangkaian akan diperbantukan bagi kereta Gaya Baru Malam Selatan yang melaju dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Gubeng Surabaya dengan tambahan kapasitas 2.304 tempat duduk.Di samping itu, dua rangkaian akan diperbantukan bagi kereta Madiun dengan tambahan kapasitas 1.536 kursi. Adapun, satu rangkaian sisanya akan diperbantukan bagi Kereta Tawangjaya dengan relasi Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Semarang Poncol dengan tambahan kapasitas 1.536 kursi.

"Dengan adanya hal ini, maka bagi yang belum mendapatkan tiket bisa membeli tiket di kereta tambahan ini. Kami yakin jumlahnya akan bertambah," paparnya.Meski demikian, Edi belum tahu kapan tiket-tiket tambahan itu dilepas ke masyarakat. Tentu saja, seluruh tiket ini dijual setelah seluruh kiriman dari INKA diterima KAI.Yang pasti, seluruh rangkaian tambahan ini sudah bisa dipakai dalam mengantisipasi operasi lebaran yang dimulai tanggal 15 Juni hingga 11 Juli mendatang. Adapun menurutnya, puncak arus mudik akan terjadi pada 23 Juni mendatang, sementara arus balik akan terjadi 2 Juli nanti.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menyatakan bakal terdapat tambahan tiket baru untuk menampung pemudik yang menggunakan kereta api. Tambahan tiket ini rencananya dilepas perusahaan mendekati Idul Fitri.Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menuturkan, penambahan tiket disebabkan tambahan enam set kereta yang akan dikirim oleh PT Industri Kereta Api (Persero) (INKA). Rencananya, keenam rangkaian kereta ini dikirim bulan Mei hingga pertengahan Juni mendatang.

"Kami saat ini sedang menunggu train set lagi yang selesai dari INKA bulan Mei dan Juni akan datang, sehingga kami akan jual tiket kalau kereta baru ini sudah tersedia. Nantinya, enam train set ini memiliki kapasitas sebanyak 8.448 tambahan kursi per harinya," ujar Edi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa (30/5).Menurutnya, keenam rangkaian kereta ini akan melayani empat relasi. Rangkaian pertama akan diperbantukan bagi kereta Bogowonto dengan relasi Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Lempuyangan dengan kapasitas 1.536 tempat duduk.

Permintaan tiket kereta api Lebaran Sumut melonjak | Best profit 

"KAI siap melayani penumpang dengan sebaik-baiknya meski nantinya permintaan lebih tinggi dari jumlah kursi yang tersedia sebanyak 6.484," katanya lagi.Kalau permintaan di atas kursi yang disediakan, maka KAI akan menambah rangkaian kereta."Tahun lalu, kenaikan permintaan tiket kereta api di Sumut hanya sekitar satu persen dan tahun ini juga diperkirakan masih sama," ujarnya pula.Upaya agar pelayanan bisa semakin baik, ujar Ilud, manajemen KAI juga sudah melakukan banyak langkah seperti menyiapkan sumber daya manusia (SDM) andal khususnya untuk personel pengamanan.Kemudian membenahi fasilitas dan meningkatkan perawatan kereta api."Semua langkah itu dilakukan manajemen untuk menjamin keselamatan dan keamanan dijadikan KAI menjadi nomor satu

Permintaan pembelian tiket kereta api arus mudik dan balik di Sumatera Utara terus melonjak tajam khususnya untuk H-1 dan H-2 Lebaran 2017."Untuk H-1 dan H-2 Idulfitri, pesanan tiket sudah mencapai 40 persen dari tempat duduk yang disiapkan sebanyak 6.848 kursi per hari.Manajemen berharap masyarakat segera membeli tiket lebih awal agar tidak kehabisan," ujar Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut M Ilud Siregar, di Medan, Rabu.Menurut dia, meski tidak sepesat di Pulau Jawa, pesanan tiket kereta api di Sumut terus naik.

"Mulai hanya dua persen pada awal waktu dibuka penjualan tiket 17 Maret lalu, kemudian naik 20 persen pekan lalu dan menjadi 40 persen pekan ini," ujarnya.Manajemen KAI sendiri terus meningkatkan pelayanan agar arus mudik dan balik Idulfitri tahun 2017 lebih baik dari 2016.Ilud mengakui, KAI memang sudah membuat kebijakan bahwa pemesanan tiket Lebaran sudah bisa dilakukan sejak H-90 keberangkatan atau tahun ini pada tanggal 17 Maret 2017.Kemudian KAI juga semakin memperluas atau mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan penjualan tiket dapat dibeli secara konvensional seperti di loket stasiun hingga di berbagai jaringan internal maupun eksternal.

Sambut Mudik Lebaran, Kereta Ekonomi Mutiara Timur Ditambah | Best profit

"Jadi penjabarannya, H-10 lebaran mulai tanggal 15- 24 Juni 2017, kemudian masa Lebaran selama 2 hari yakni tanggal 25-26 Juni 2017, dan H2+10 terhitung sejak tanggal 27 Juni-6 Juli 2017," paparnya.Untuk itu, dia berharap, agar masyarakat bisa mengatur jadwal keberangkatan jauh-jauh hari sebelum memasuki Hari Raya."Apalagi tiket bisa dipesan secara online, jadi sudah sangat mudah untuk mengatur jadwal keberangkatan," pungkas Luqman.

Selama musim angkutan Lebaran tahun 2017, PT Kereta Api Daerah Operasional (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, menambah jumlah kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk pada rangkaian kereta api Mutiara Timur."Penambahan tersebut berdasarkan hasil evaluasi di tahun-tahun yang lalu, di mana terjadi penambahan jumlah penumpang," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif, Senin (29/5/2017).

Tahun 2016, selama musim angkutan Lebaran tercatat ada 128.134 orang yang menggunakan moda transportasi kereta api di Jember."Tahun ini kita prediksi ada peningkatan penumpang sebanyak kurang lebih 3 persen atau sebanyak 131.346 orang. Untuk itulah, kami kemudian memutuskan untuk menambah jumlah kereta khususnya kelas ekonomi selama musim angkutan Lebaran," ungkapnya.
Luqman menambahkan, pihaknya sudah menetapkan total 22 hari untuk periode Lebaran.


Best profit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar