Minggu, 21 Mei 2017

PLN Sewa Kapal Pembangkit Listrik dari Turki Selama 5 Tahun

MVPP sudah ditunggu-tunggu masyarakat Kota Medan | PT Bestprofit News
Bestprofit News

Dijelaskannya, MVPP akan di sinkronisasi dengan sistem kelistrikan Sumbagut pada Kamis (1/6/2017) dan ditargetkan resmi beroperasi (Commercial Operation Date/COD) pada minggu kedua Juni 2017.Dengan masuknya tambahan daya 240 megawatt dari MVPP, nantinya daya mampu sistem Sumbagut dapat 2.287 megawatt dengan perkiraan beban puncak tertinggi mencapai 2.075 megawatt.
Hal ini membuat sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 megawatt.

Kapal ini diberangkatkan dari Istanbul, Turki pada April 2017 yang serah terimanya dilakukan langsung Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi."MVPP datang bersama transmisi 275 kilovolt yang menjadi bagian dari proyek tol listrik Sumatera. Transmisi ini akan dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 megawatt," ucap Erry.

Kapal pembangkit listrik Karadeniz Powership Onur Sultan atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) terlihat berlabuh dan sandar di Dermaga Khusus Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sicanang di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Minggu (21/5/2017).Kapal pembangkit listrik yang disewa PT PLN (Persero) dari Pemerintah Turki ini menempuh perjalanan sebulan lamanya untuk mencapai Belawan. Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Amir Rosidin mengatakan, MVPP sudah ditunggu-tunggu masyarakat Kota Medan karena akan mengalirkan daya sebesar 240 megawatt (MW).

Masyarakat di Medan berharap akan tercukupi kebutuhan listriknya, terutama menjelang bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.Menurut Amir, salah satu kelebihan MVPP adalah memiliki kemampuan dual fuel yang dapat menggunakan bahan bahar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) dan juga bahan bakar gas (BBG)."Kapal pembangkit listrik ini kami sewa selama lima tahun untuk mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek sehingga tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumbagut," ucap Amir.

Kapal Pembangkit Listrik Asal Turki Tiba di Belawan | PT Bestprofit News

Ia mengatakan, untuk pelayanan kapal MVPP ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 7 kapal tunda, 3 orang pandu/pilot, dan penyiapan alur. Selain itu, juga memastikan kesiapan proses pelayanan kapal ini melalui koordinasi dan supervisi dengan berbagai pihak seperti Syahbandar dan OP. "Pengecekan sarana prasarana dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar pelayanan kapal ini dapat berjalan lancar dan efisien," tambah ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami.

Keberadaan MVPP ini diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Utara, sehingga tidak ada lagi masalah pemadaman listrik di wilayah Sumatera Utara. Untuk diketahui, kapal ini diberangkatkan dari Turki pada April lalu, yang serah terimanya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara T. Erry Nuradi.

Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) hari ini sudah tiba di Belawan, Sumatera Utara (Sumut). Kedatangan kapal yang disewa oleh PT PLN dari Pemerintah Turki tersebut dilayani oleh petugas pemandu dan kapal tunda Pelindo I.Kapal tersebut sudah berlabuh di Perairan Belawan sejak Jumat (21/5) malam dan kini sudah disandarkan di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan."Pelindo I telah menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar kapal ini di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan," kata General Manajer Pelabuhan Belawan.

Pelindo I Layani Kapal Pembangkit Listrik Asal Turki | PT Bestprofit news

Selain itu, juga memastikan kesiapan proses pelayanan kapal ini melalui koordinasi dan supervisi dengan berbagai pihak seperti  Syahbandar dan  OP.  "Pengecekan sarana prasarana dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar pelayanan kapal ini dapat berjalan lancar dan efisien," tambah Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1.

Keberadaan MVPP ini diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera bagian Utara dengan kapasitas daya 240 MW , dimana kapasitas ini dapat ditingkatkan hingga 480 MW. Sehingga tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumatera bagian Utara. Kapal ini diberangkatkan dari Istanbul, Turki  pada bulan April lalu, yang serah terimanya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi.

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melayani Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan yaitu kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang disewa oleh PT PLN (Persero) dari Pemerintah Turki. Kapal MVPP salah satu terbesar di dunia ini memiliki panjang/Length Over All (LOA) sebesar 295,82 meter, lebar 46 meter dan GRT (Gross Register Tonnage) sebesar 90.084 ton.

Kapal MVPP berbendera Liberia ini sudah berlabuh di perairan Belawan sejak Jumat  malam, 19 Mei dan disandarkan di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan pada tanggal 21 Mei 2017. "Pelindo 1 telah menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar kapal ini di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan. Untuk pelayanan kapal MVPP ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 7 kapal tunda, 3  orang pandu/pilot, dan penyiapan alur" jelas General Manajer Pelabuhan Belawan, Yarham Harid, melalui siaran pers, Minggu (21/5/2017).

PT Bestprofit News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar