Senin, 29 Mei 2017

Bulog Jual Bawang Putih Rp 38.000/Kg

 Perum Bulog mendapat tugas mengimpor bawang putih | Bestprofit

Bestprofit

"Sekarang harga HET-nya kan Rp 38.000/kg, jika Bulog mau jual langsung ke konsumen tidak boleh lebih dari HET. Kalau kita jual ke jaringan atau pedagang pasar kita Jual Rp 32.000-35.000/kg. Jadi tidak ada alasan pedagang itu rugi," ujar Wawan, panggilan akrabnya, ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Diungkapkannya, Bulog akan terus menggelontorkan pasokan bawang putih ke pedagang pasar seluruh Indonesia. Saat ini, kata dia, stok bawang putih impor per hari ini di gudang Bulog mencapai 500 ton. "Bawang putih sudah kita distribusikan, contoh ke wilayah Pontianak, Sumatera. Jadi bawang putih sesuai dengan penugasan kami akan mengelola distribusi pasokan," kata Wawan.
Sebelumnya, harga bawang putih mengalami lonjakan di sejumlah pasar di Jakarta.

Harga bawang putih beberapa waktu masih di harga Rp 40.000/kg, namun kemudian melonjak hingga Rp 60.000/kg. Ini terjadi karena berkurangnya pasokan dari China. Perum Bulog mendapat tugas mengimpor bawang putih. Ini dilakukan untuk menstabilkan harga bumbu dapur tersebut yang melonjak sejak beberapa pekan lalu.Direktur Operasional Bulog, Karyawan Gunarso menerangkan, pihaknya akan menjual bawang putih dengan menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 38.000/kg.

Pemkot Pontianak akan Operasi Pasar di Setiap Kelurahan | Bestprofit

Bahkan jika para pedagang tetap menjual mahal dari harga eceran yang ditetap pemerintah, ia ancam akan melakukan operasi pasar langsung dikelurahan setiap Pontianak selama satu bulan."Kalau para pedagang masih bandel,Pemkot akan jual dengan subsidi dibawah Rp 30 ribu, biar para pedagang nakal itu kapok dan rugi sekalian. Makanya ikuti aturan pemerintah,"ucapnya.

Ia menegaskan akan ada tim dari Polda, Polresta dan TPID yang memantau langsung harga dipasaran.Dengan digelontorkan bawang putih 60-100 ton tersebut ia katakan seharusnya harga bisa di bawah Rp 38 ribu.Dipastikan pasar akan selalu dipantau, jika harga diatas Rp 40 ribu maka Pemkot akan lakukan operasi pasar di tingkat kelurahan.Wali Kota Pontianak, Sutarmidji turun langsung dalam operasi pasar yang dilakukan untuk menekan harga bawang putih yang melambung akhir-akhir ini.

Bahkan tampak ia juga bersibuk memastikan setiap orang yang membeli bawang putih tersebut.Midji berdiri di tengah-tengah masyarakat dan di depan gudang penyimpanan dalam operasi pasar yang dilakukan di Pasar Flamboyan Pontianak."Hari ini ada 60-100 ton yang digelontorkan pada masyarakat kita, besok kita lihat apakah harganya kembali normal atau seperti biasa yang mahal itu," jelasnya, Selasa (30/5/2017).

Bahkan dalam pengawasan pasar terhadap stok sembako, Midji katakan pemerintah telah bekerjasama dengan pihak kepolisian (Satgas Kartel).Ditegaskannya besok akan memantau ulang harga bawang putih dipasaran, jika masih berada diatas Rp 38 ribu maka pemerintah akan melakukan penjualan langsung dengan masyarakat disetiap kelurahan", tegasnya.Hal itu karena Pemkot Pontianak disebutkannya masih mempunyai stok sekotar 20 ton.

Satgas Pangan Klaim Stabilitas Pangan Kalbar Stabil | Bestprofit

"Kita sudah buat maklumat Kapolda dan sudah kita sebar ke masyarakat dan pelaku usaha. Mabes Polri sudah banyak melakukan penindakan. Khusus diKalbar belum ditemukan,"ungkapnya.
Satgas pangan, akan terus memonitoring harga di pasaran, dalam rangka stabilitas pangan dengan bekerja sama instansi terkait."Apalagi harga pasaran ini, sudah dapat termonitor secara online," tukasnya.

Ketua Tim Satgas Pangan Kalbar, Kombes Pol Mashudi mengklaim , hingga saat ini stok pangan di Kalbar tergolong stabil.Pihaknya juga belum mendapati adanya aktivitas penimbunan barang.
"Untuk temuan terkait pelanggaran belum kita temukan. Kita melihat stok pangan dipasaran masih bagus. Harga relatif bagus, belum ada yang signifikan ," ungkapnya kepada Tribun,  Selasa (30/5/2017).

Dikatakanya tim Satgas pangan akan bertindak cepat bila mana ada ditemukan lonjakan harga pangan dipasaran. Misalnya terkait bawang putih ini, yang merupakan dampak dari kejadian di Jakarta.Pihaknya memperingatkan, bakal menindak tegas, bagi pelaku penyimpangan terutama tindak pidana penimbunan barang.

Bestprofit 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar