Senin, 22 Mei 2017

Maskapai Penerbangan Cathay Pacific Pangkas 600 Posisi Pekerjaan

 Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways | PT Bestprofit 
PT Bestprofit

Pekan lalu secara mengejutkan Singapore Airlines mengumumkan kerugian. Karenanya, Singapore Airlines menyatakan bakal meninjau kembali bisnisnya."Semua orang semakin cemas. Agar bisa bertahan, mereka (maskapai) harus mengontrol biaya. Saya rasa ini adalah permulaan," kata Andrew Lee, analis di Jefferies di Hongkong.Cathay juga menyatakan bakal melakukan restrukturisasi pada departemen kargo. Cara yang akan ditempuh adalah dengan menghilangkan posisi direktur kargo.
Saham Cathay menguat 3,7 persen pada posisi 11,74 dollar Hongkong pada perdagangan Senin. Sejak awal tahun 2017, saham maskapai tersebut sudah menguat 14 persen.

Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways Ltd akan memangkas 600 posisi pekerjaan.
Ini adalah bagian dari upaya perampingan terbesar yang dilakukan maskapai tersebut dalam 20 tahun terakhir. Cathay mengalami kerugian pertama dalam delapan tahun.Mayoritas pegawai yang akan terdampak kebijakan perampingan tersebut akan diumumkan kemudian dan pada bulan depan. Sebagian besar proses restrukturisasi akan diselesaikan pada akhir tahun ini, menurut pernyataan Cathay pada Senin (22/5/2017) seperti dikutip dari Bloomberg.

Namun, tidak ada pegawai frontline, pilot, maupun kru kabin yang terdampak. Per Juni 2016, Cathay dan maskapai afiliasinya mempekerjakan sekitar 33.000 orang pegawai.Meski ada lonjakan permintaan perjalanan udara di Asia, Cathay dan Singapore Airlines Ltd adalah beberapa maskapai premium di kawasan yang harus menghadapi persaingan ketat dengan maskapai penerbangan murah, maskapai penerbangan China, maupun maskapai penerbangan Timur Tengah.

XL Axiata Perluas Layanan 4G LTE ke Kalimantan Barat | PT Bestprofit

Menurut Yessie, pertumbuhan trafik layanan Data seiring dengan semakin tumbuhnya pelanggan yang menggunakan smartphone berkemampuan 4G. Pertumbuhan tersebut terjadi secara merata di semua wilayah layanan XL Axiata.Hal ini pun searah dengan strategi perusahaan untuk berfokus pada layanan Data untuk tahun 2017 ini. Karena itulah, belanja modal atau capex untuk tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan Data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah.

PT XL Axiata Tbk memperluas layanan 4G LTE ke wilayah Kalimantan Barat. Dengan demikian, pelanggan mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa memanfaatkan layanan internet cepat tersebut.Ada 8 dari 14 kota/kabupaten di provinsi tersebut yang kini terlayani oleh 4G LTE dari XL Axiata. Sejak Maret 2017 pelanggan di kota-kota tersebut sudah bisa mengakses layanan 4G LTE.

Kalimantan Barat dan Kalimantan pada umumnya adalah daerah di mana permintaan atas layanan Data terus menunjukkan peningkatan yang signifikan, rata-rata hingga mencapai 99 persen dalam beberapa tahun terakhir."Karena itulah, pengembangan jaringan 4G LTE tidak bisa lagi ditunda-tunda sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan tersebut," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam pernyataan resmi, Sabtu (20/5/2017).

Punya 450 Juta Pengguna di China, Pendapatan Alibaba Naik 60 Persen | PT Bestprofit

Pendapatan raksasa e-commerce Alibaba melonjak 60 persen pada kuartal I 2017. Pertumbuhan pendapatan yang solid ini didukung oleh kuatnya pertumbuhan basis pengguna di China.Lebih dari 450 juta pengguna memanfaatkan Alibaba untuk belanja pada kuartal I 2017. Adapun rata-rata belanja tahunan naik sepertiga, menurut Alibaba.Tahun lalu, Alibaba mengakuisisi e-commerce asal Singapura, Lazada. Laba Alibaba pada kuartal I 2017 mencapai 1,5 miliar dollar AS, meroket 98 persen secara tahunan. Adapun penjualan ritel internasional pada kuartal I 2017 mencapai 353 juta dollar AS. 

Mengutip BBC, Sabtu (20/5/2017), pendapatan Alibaba pada kuartal I 2017 mencapai 5,6 miliar dollar AS.Namun, investor tampaknya tidak puas dengan kinerja keuangan Alibaba, menyebabkan sahamnya sempat turun hingga 3 persen.Alibaba yang dimiliki oleh miliarder Jack Ma merupakan peritel online terbesar di China. Kegiatan usaha China menyumbang 67 persen atau 3,7 miliar dollar AS terhadap pendapatan Alibaba.

Tidak hanya e-commerce, Alibaba juga merambah ke berbagai layanan lainnya, seperti media dan cloud computing. Hal yang sama juga dilakukan rivalnya, Amazon.Alibaba juga menyatakan bakal memperluas bisnis secara internasional untuk pertumbuhan yang lebih solid di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar